Pengertian,Macam-Macam,dan Contoh Reproduksi Aseksual/Vegetatif Alami Tumbuhan

Reproduksi aseksual alami adalah reproduksi yang dilakukan tanpa melibatkan fertilisasi atau proses peleburan antara sel gamet jantan dan gamet betina dan terjadi dengan sendirinya tanpa bantuan manusia. sifat yang dihasilkan dari reproduksi aseksual alami akan sama dengan induknya. Beberapa jenis reproduksi aseksual alami sebagai berikut.

Reproduksi Aseksual


A.Rhizoma (Rimpang)
Rhizoma merupakan bentuk modifikasi batang yang menjalar di dalam tanah yang tumbuh mendatar dan biasanya bercabang. Rhizoma berubas-ruas dan pada permukaannya melekat daun berupa sisik. Pada ruas inilah akan muncul tunas dan tumbuh menjadi individu baru. Tumbuhan yang bereproduksi dengan rhizoma contohnya kunyit, kencur, dan jahe.

B.Stolon (Geragih)
Stolon merupakan batang yang menjalar di atas permukaan tanah. Di ruas-ruasnya muncul akar dan akan tumbuh menjadi individu baru. Tumbuhan yang bereproduksi dengan stolon misalnya stroberi, pegagan, dan rumput teki.

C.Umbi Lapis
Umbi lapis merupakan batang pendek yang tumbuh di dalam tanah dengan daun-daun tebal berbentuk sisik dan berdaging. Pada permukaan atas umbi lapis tumbuh daun yang berlapis-lapis yang disebut bulbus, sedangkan pada bagian bawah tumbuh cakram dan akar serabut.Contoh tumbuhan yang bereproduksi dengan umbi lapis misalnya bawang merah, bawang putih, dan lili.


D.Umbi Batang 
Umbi batang merupakan  batang yang tumbuh di dalam tanah dan ujungnya menggembung yang berisi  makanan cadangan. Pada bagian umbi terdapat calon tunas yang nantinya akan tumbuh menjadi individu baru. Contoh tumbuhan yang bereproduksi dengan umbi batang adalah kentang dan ubi.


E.Umbi Akar
Umbi akar merupakan  akar yang menggembung dan berisi makanan cadangan. Umbi akar memiliki sisa batang pada pangkalnya sebagai tempat tumbuhnya tunas baru.Contoh tumbuhan yang bereproduksi dengan umbi akar adalah dahlia,wortel, dan lobak.

F.Tunas
Tunas merupakan bagian tumbuhan yang dapat tumbuh menjadi individu baru. Biasanya tunas terbentuk melalui pembelahan sel pada jaringan maristem, misalnya pada ujung batang, ketiak daun, dan ruas-ruas batang. Contoh tumbuhan yang bereproduksi dengan tunas adalah pisang dan bambu.


G.Tunas Adventif
Tunas adventif merupakan tunas yang tumbuh pada bagian daun atau akar. Tumbuhan yang bereproduksi dengan tunas adventif misalnya cocor bebek dan cemara. Tunas adventif pada cocor bebek muncul di tepi daun. Apabila daun tersebut lepas dan jauth, tunas tersebut dapat tumbuh menjadi individu baru.




Referensi: Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IX SMP/MTS Terbitan Intan Pariwara

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Deskripsi Tentang Tari Remo

Sinopsis dan Teks Ulasan Novel Rindu Karya Tere Liye

Sinopsis dan Teks Ulasan Novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin