Gerak Tropisme pada tumbuhan




Tropisme adalah gerak tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Gerak tropisme dibedakan menjadi dua , yaitu gerak tropisme positif dan tropisme negatif. Tropisme positif adalah gerak tumbuhan mendekati sumber rangsang, Sedangkan tropisme negatif adalah gerak tumbuhan menjauhi rangsang. Berdasarkan rangsang yang memengaruhinya gerak tropisme dibedakan menjadi lima macan yaitu :

A.Fototropisme
Fototropisme adalah gerak tumbuhan ke arah cahaya, contohnya yaitu gerak bunga matahari menuju arah datangnya cahaya matahari.

B.Tigmotropisme
Tigmotropisme adalah gerak membelitnya ujung batang tumbuhan akibat bersentuhan dengan ajir atau batang tumbuhan lain.Tigmotropisme disebut juga haptotropisme, contohnya yaitu membelitnya tamnaman kacang panjang pada tumbuhan inang.

C.Geotropisme
Geotropisme adalah gerak tumbuhan menuju arah gravitasi bumi (geotropisme positif) atau menjauhi arah gravitasi bumi (geotropisme negatif), contohnya yaitu gerak ujung akar ke pusat bumi (positif) dan gerak batang menjauhi pusat bumi (negatif).

D.Hidrotropisme
Hidrotropisme adalah gerak tumbuhan menuju air, contohnya yaitu gerak ujung akar menuju tempat berair

E.Kemotropisme
Kemotropismeadalah gerak tumbuhan ke arah langsung berupa zat kimia. Contoh kemotropisme        yaitu gerak ujung akar menuju tempat yang mengandung banyak mineral.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Deskripsi Tentang Tari Remo

Sinopsis dan Teks Ulasan Novel Rindu Karya Tere Liye

Sinopsis dan Teks Ulasan Novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin